PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SISWA KELAS XI SEMESTER I SMA GAJAH MADA MEDAN TIMUR TAHUN 2022

  • Yeniati Zalukhu Universitas Darma Agung
  • Minta Syukur Ndruru Universitas Darma Agung
  • Karuniawati Ndruru Universitas Darma Agung
  • Dede Parsaoran Damanik Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media PhET Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Matri Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke Siswa Kelas XI Semester I SMA Gajah Mada Medan Timur Tahun 2022. Jenis penelitian ini berfifat quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA Semester I SMA Gajah Mada Medan Timur Tahun 2022. Yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 56 orang. Sampel dalam penlitian ini diambil dari seluruh populasi (total sampling) yang kelas XI MIA-1 sebagai kelas Eksperimen yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media PhET berjumlah 26 orang dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas Kontrol yang diajar dengan menggunakan Model DI berjumlah 30 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan tes Essay dengan jumlah soal 10 yang telah diuji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Dari hasil penelitian di peroleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Hasil Penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 34,50 dengan standar deviasi 33,03 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 33,10 dengan standar deviasi 10,70 dari hasil uji t dua pihak thitung< tabel (1,21<1,95), maka Ha diterima dengan kata lain bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kempuan siswa pada kelas kontrol pada materi pokok elastisitas dan hukum hooke. Kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu pada kelas eksperimen diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media PhET dan kelas kontol diajar dengan menggunakan Model DI diperoleh nilai rata-rata posttest kelas Eksperimen Yaitu 85,69 dengan standar deviasi 5,50 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 80,17 dengan standar deviasi 7,59. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,97 dan ttabel = 1.95 pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 54 karena thitung> tabel (2,97>1,95). Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inquiry berbantuan media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi pokok elastisitas dan hokum hooke siswa kelas XI Semester I SMA Gajah Mada Medan Timur Tahun 2022.

Published
Aug 31, 2022
How to Cite
ZALUKHU, Yeniati et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SISWA KELAS XI SEMESTER I SMA GAJAH MADA MEDAN TIMUR TAHUN 2022. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 39 - 49, aug. 2022. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/2069>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>