PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS KONSEP MERDEKA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN

  • Yurina Zai Universitas Darma Agung
  • Arna Dewi Setia Halawa Universitas Darma Agung
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung
  • Rameyanti Tampubolon Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Berbasis Konsep Merdeka Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas XI semester I SMA Swasta Gajah Mada Medan yang terdiri dari atas 2 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 50 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas (cluster random sampling), dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen, yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis konsep merdeka belajar dan siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk Essay pada materi suhu dan kalor yang terdiri dari 12 soal dan telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pretes kelas eksperimen adalah 48,27 dengan standar deviasi 4,78 dan pretes kelas kontrol adalah 44,36 dengan standar deviasi 4,66. Dari uji t dua pihak nilai pretes kedua kelas diperoleh thitung=1,91 dan ttabel=2,01 menunjukkan bahwa thitung < ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, dan diakhir pembelajaran dilakukan postes untuk kedua kelas dan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,07 dengan standar diviasi 3,31 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai postes sebesar 75,20 dengan standar diviasi 2,77. Berdasarkan uji homogenitas pretes diperoleh data Fhitung = 0,87  sedangkan Ftabel = 1,98 Karena Fhitung (0,87) < Ftabel (1,98) maka data penelitian pretes homogenitas, kemudian uji homogenitas postes diperoleh data Fhitung = 1,42 sedangkan Ftabel = 1,98 karena Fhitung (1,42) < Ftabel (1,98) maka data penelitian postes homogen, selanjutnya dilakukan uji statistik (uji t satu pihak ) diperoleh thitung = 5,70 dan ttabel =1,67 pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk sebanyak 48. Karena thitung > ttabel yaitu (5,70 >1,67) maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri berbasis konsep merdeka belajar terhadap kemampuan berpikir kritis fisika siswa SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2022/2023.

Published
Jun 19, 2023
How to Cite
ZAI, Yurina et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS KONSEP MERDEKA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 32 - 47, june 2023. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/3442>. Date accessed: 18 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v6i2.3442.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>