PEMANFAATAN KEMBALI SAMPAH ORGANIK DAN NON//ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN PRODUKTIFITAS MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN TANAMAN HIDROPONIK DI FKIP-UDA

  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Sarmaida Sipahutar Universitas Darma Agung
  • Krisdayanti loi Universitas Darma Agung
  • Foangeraigo Tafonao Universitas Darma Agung
  • Karuniawati Ndruru Universitas Darma Agung
  • Atariaman Zega Universitas Darma Agung
  • Cica Maria Sitompul Universitas Darma Agung

Abstract

FKIP adalah salah satu fakultas yang berada di kampus UDA, dilingkungan FKIP UDA banyak ditemukan sampah organik dan anorganik dari hasil aktivitas mahasiswa,pohon hijau yang rindang serta limbah rumah sakit yang tepat berada disebelah Universitas Darma Agung.. Mahasiswa masih banyak ditemukan membuang sampah sembarangan dengan penuh kesadaran, dan tidak malu-malu karena adanya tenaga kebersihan di kampus tersebut,jadi mahasiswa selalu beranggapan bahwa sampah bekas makanannya juga urusan tenaga kerja kampus tersebut.pemikiran mahasiswa inilah yang menyebabkan kebersihan lingkungan kampus Universitas Darma Agung semakin menurun. Dari permasalahan di atas peneliti ingin mengadakan penelitian dalam upaya pemanfaatan kembali sampah organik dan non-organik yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan produktifitas  mahasiswa dalam pengembangan tanaman hidroponik di fkip-uda, dan peneliti juga berharap agar penelitian ini diharapkan dapat memiliki manfaat bagi lingkungan FKIP UDA dalam peningkatan lingkungan yang lebih bersih. Pemanfaatan kembali sampah ini akan dilakukan dengan mengelola sampah organik dan non-organik. Sampah organik akan di olah  menjadi kompos yang nantinya akan digunakan dalam pengembangan tanaman hidroponik. Sedangkan sampah non-organik akan di olah menjadi bunga hiasan yang unik.Pemanfaatan kembali sampah organik dan non-organik ini akan mengurangi sampah di FKIP UDA serta mampu meningkatkan kretivitas mahasiswa FKIP UDA.

Published
Dec 16, 2021
How to Cite
PANJAITAN, Jelita et al. PEMANFAATAN KEMBALI SAMPAH ORGANIK DAN NON//ORGANIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN PRODUKTIFITAS MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN TANAMAN HIDROPONIK DI FKIP-UDA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 29, n. 3, p. 350–358, dec. 2021. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1218>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i3.1218.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>