PENGENALAN TEKNOLOGI SEDERHANA SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAGI PESERTA DIDIK SD DI KELURAHAN KUTA GAMBIR KECAMATAN SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI

  • Asiroha Siboro Universitas Darma Agung
  • Alim Perangin-angin Universitas Darma Agung
  • Nani Sri Rezeki Universitas Darma Agung
  • Novita R Saragih Universitas Darma Agung
  • Yona Gulo Universitas Darma Agung
  • Yeniati Zalukhu Universitas Darma Agung
  • Syukurman Laia Universitas Darma Agung

Abstract

Huta Gambir adalah  sebuah desa yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Desa ini terkenal akan komoditas kopi yang memiliki cita rasa yang tinggi sehingga penghasilan yang didapatkan para petaninya tergolong cukup dari segi perekonomian. Akan tetapi dalam dunia pendidikan masih belum memuaskan hal ini disebabkan peralatan yang tersedia di sekolah belum memadai dan guru juga belum terampil dalam menggunakan media pembelajaran. Hal ini terlihat pada saat pandemi anak-anak sangat terbatas dalam memperoleh pembelajaran dari guru. Peserta didik pada umumnya hanya menerima tugas dari guru dalam bentuk tulisan dan mengerjakannya sendiri di rumah. Melihat permasalahan ini tim pengabdian masyarakat dari FKIP Universitas Darma Agung tergerak untuk membantu peserta didik melalui pelatihan dan pembimbingan pengenalan media platform digital sederhana. Pelatihan ini berlangsung selama tiga bulan yaitu mulai Januari-Maret 2022. Pelaksanaan pembimbingan pengenalan media ini berjalan dengan sangat baik dan peserta didik sangat antusias untuk belajar sehingga mereka semakin cakap dalam berliterasi ligitas.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
SIBORO, Asiroha et al. PENGENALAN TEKNOLOGI SEDERHANA SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAGI PESERTA DIDIK SD DI KELURAHAN KUTA GAMBIR KECAMATAN SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-35, apr. 2022. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/1618>. Date accessed: 22 sep. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v3i1.1618.