PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, KOMPETENSI DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN SEMANGAT KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEKOLAH BUDDHIS BODHICITTA MEDAN

  • Jonni Jonni Universitas Darma Agung
  • Jonner Lumban Gaol Universitas Darma Agung
  • Sarman Sinaga Universitas Darma Agung

Abstract

Banyak faktor dapat mempengaruhi dari kinerja pegawai, akan tetapi dalam penelitian ini dibahas dibatasi pada variabel bebas pengembangan sumber daya manusia, kompetensi, komitmen dan variabel intervening semangat kerja.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung variabel pengembangan sumber daya manusia, kompetensi, komitmen terhadap kinerja pegawai melalui semangat kerja sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang terdapat pada Sekolah Budhis Bodhicitta yang berjumlah 155 orang. Untuk penentuan jumlah sampel digunakan rumus slovin sehingga sampel 61 pegawai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis jalur, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan SDM, kompetensi dan komitmen masing-masing memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap semangat kerja pada Sekolah Buddhis Bodhicitta. Pengembangan SDM, kompetensi, komitmen dan semangat kerja masing-masing memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Buddhis Bodhicitta. Pengembangan SDM, kompetensi dan komitmen masing-masing memberikan pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap kinerja pegawai melalui variabel intervening semangat kerja pada Sekolah Buddhis Bodhicitta.  Disarankan program pengembangan SDM perlu disesuaikan dengan rencana pengembangan instansi dalam jangka panjang, sedangkan penentuan atau pemilihan peserta program pengembangan sebaiknya didasarkan pada potensi individu pegawai. Pegawai sebaiknya berupaya meningkatkan pengetahuannya mengenai kondisi umum di instansi, pegawai berperilaku yang mendukung pencapaian tujuan instansi.     Instansi perlu mengupayakan agar pegawai lebih betah untuk tetap di instansi serta menekankan untuk komitmen untuk menyelesaikan tugas-tugas instansi yang telah dilimpahkan kepadanya demi mencapai tujuan instansi.        Pimpinan perlu memberikan penekanan kepada pegawai untuk mengutamakan hadir di tempat kerja secara tepat waktu dibanding mengurusi urusan pribadi lainnya.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
JONNI, Jonni; LUMBAN GAOL, Jonner; SINAGA, Sarman. PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, KOMPETENSI DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN SEMANGAT KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEKOLAH BUDDHIS BODHICITTA MEDAN. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 1-10, apr. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1527>. Date accessed: 16 june 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>