HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU DAN PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR PKN DI KELAS X IPA SMA SWASTA ERA UTAMA PANCUR BATU T.A 2023/2024.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adanya hubungan signifikan antara komunikasi guru dan peserta didik dengan hasil belajar PKn di kelas X IPA SMA Swasta Era Utama Pancur Batu pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X IPA di SMA Swasta Era Utama Pancur Batu untuk tahun ajaran 2023/2024, dan sampel yang digunakan adalah sampel total, terdiri dari 27 orang. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 27 item dengan 4 pilihan jawaban (a, b, c, d) yang telah diuji reliabilitasnya. Hasil uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa distribusi data komunikasi guru dan peserta didik adalah normal dengan hasil perhitungan x² hitung < x² tabel (6,80 < 11,07), serta distribusi normalitas hasil belajar peserta didik juga menunjukkan distribusi normal dengan x² hitung < x² tabel (1,18 < 11,07). Uji linearitas menunjukkan hubungan linear antara komunikasi guru dan peserta didik dengan hasil belajar peserta didik, dengan persamaan Y = 3,76 + 1,72X. Uji kecenderungan menunjukkan bahwa komunikasi guru dan peserta didik dikategorikan cenderung "tinggi" (44%) dan hasil belajar peserta didik juga dikategorikan cenderung "tinggi" (48%). Hasil uji korelasi product moment menunjukkan T hitung > T tabel (3,995 > 1,701), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara komunikasi guru dan peserta didik dengan hasil belajar peserta didik di kelas X IPA SMA Swasta Era Utama Pancur Batu pada tahun ajaran 2023/2024.