HUBUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MORAL SISWA DI SMA SWASTA GKPS 1 PEMATANG RAYA TAHUN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan moral siswa di SMA swasta GKPS 1 Pematang Raya Tahun 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah deksriptif korelasi, populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa di SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya Tahun 2019/2020 sebanyak 500 orang, sampel dalam penelitian ini sebanyak 205. Alat pengumpulan data menggunakan angket,untuk pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan 12 item, untuk moral siswa 12 item, yang terdiri dari empat option yang sudah terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas.Hasil uji persyaratan analisis normalitas data pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (X) di SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya Tahun 2019/2020 distribusi normal dengan hasil (23,036<239,403). Data moral siswa (Y) di SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya Tahun 2019/2020 berdistribusi normal dengan hasil (23,036<25,188). Hasil uji linearitas pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan moral siswa di SMA Swasta GKPS1 PematangRaya Tahun 2019/2020 adalah linear dengan persamaan Y 12, 180+ 0,673 X dikonsultrasikan dengan (203>3,887). Hasil uji kecenderungan pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan cenderung tinggi (41,46%), hasil uji kecenderungan moral siswa cenderung tinggi (45,85%). Berdasarkan hasil analisis koefisien kolerasi X danY diperoleh 0,725 0,136 (0,725 > 0,136). Untuk menguji signifikansi antara kedua variabel dilanjutkan dengan uji statistik (uji-t). Hasil uji-t diperoleh = 14,991 dikonsultasikan dengan = 1,652 pada taraf sinifikansi 95% karena > . Maka hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan moral siswa di SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya Tahun PembelajarN 2019/2020.