PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI KESEJARAHAN PERUMUSAN UUD 1945 KELAS VII SMP 2 TIGA BINANGA TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Winda Adesti Br Sebayang Universitas Darma Agung
  • Agustinus Laia Universitas Darma Agung
  • Rosma Nababan Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar PKn  pada materi Kesejarahan Perumusan UUD 1945 kelas vii SMP Negeri 2 Tigabinanga. Jenis penelitian ini adalah eksprimen yang populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Tigabinanga Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang ada di SMP Negeri 2 Tigabinanga  sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 120 orang, Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan Teknik pengambilan sampel random class,maka terpilihlah kelas VII-1 sebagai kelas eksprimen yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan kelas VII-2 sebagai kelas control yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan jumlah 80 siswa. Instrument yang digunakan adalah test yang berjumlah 20 soal dengan option (a,b,c,d) yang sudah terlebih dahulu di validitas, reliabitas , dan kesukaran daya beda diluar sampel.  


Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas control 62,8, nilai rata-rata kelas eksprimen 70,5 . t hitung- t table = 2,67 – 1,99 . Kemudian diberi perlakuan model eksprimen dan kelas control dengan model pembelajaran langsung , diakhir pembelajaran diberikan post test diperoleh nilai-nilai rata-rata kelas eksprimen 70,5 dan kelas control 62,8. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksprimen dengan siswa kelas control dimana peningkatan hasil belajar siswa kelas eksprimen lebih tinggi daripada kelas control , ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pemebelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar kelas VII materi Kesejarahan Perumusan UUD 1945.

Published
Jun 9, 2022
How to Cite
SEBAYANG, Winda Adesti Br; LAIA, Agustinus; NABABAN, Rosma. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI KESEJARAHAN PERUMUSAN UUD 1945 KELAS VII SMP 2 TIGA BINANGA TAHUN AJARAN 2021/2022. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 49-60, june 2022. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1551>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>