PERAN MEDIA SOSIAL (YOUTUBE) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 45 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

  • Doni Rio Simanullang Universitas Darma Agung
  • Efina Katarina Baene Universitas Darma Agung
  • Rosma Nababan Universitas Darma Agung
  • Manahan Manullang Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji bagaimana peran media social (youtube) meningkatkan kreatifitas siswa SMP Negeri 45 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang di gunakan dalam mengetahui keadaan yang sedang di teliti yaitu subjek, tempat dan bagaimana pelaksanaan penelitian bagi siswaSMPN 45 Medan terkait penggunaan media sosial terhadap kreatifitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Data primer ialah data yang di terima langsung melalui narasumber yangdijadikan sebagai objek dalam penelitian. Sedangkan data sekunder ialah yakni buku, jurnal ilmiah, atau artikel lainnya yang dapat membantu dalam penelitian ini. Teknikanalisis data dalam penelitian ini ialah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial terhadap kreatifitas belajar siswa melalui media (youtube.) Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam pengumpulan data ini adalah data primer dan data sekunder.  Data primer adalah data yang diterima langsung melalui orang yang dijadikan sebagai objek penelitian yaitu wawancara dengan 16 orang narasumber, 1 orang guru PPKn dan 15 orang siswa di SMP Negeri 45 Medan, Sedangkan data sekunder yaitu buku, jurnal ilmiah, atau artikel yang membantu  untuk melakukan penelitian ini. Dalam pengumpulan intstumen data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi di lokasi  penelitian, sedangkan untuk teknis analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. P enelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 45 Medan, Berdasarkan hasil penelitian di lokasi penelitian bahwa untuk Peran Media Sosial (youtube) sudah sangat baik dan sangat membantu siswa untuk meningkatkan kreativitas,belajar,mengamati,menganalisa dan mengaplikasikan, meski ada kendala tetapi kehadiran media sosial sangat membantu Siswa untuk mendapatkan informasi dan mengasah kreativitas.

Published
Jun 7, 2023
How to Cite
SIMANULLANG, Doni Rio et al. PERAN MEDIA SOSIAL (YOUTUBE) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 45 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 35 - 45, june 2023. ISSN 2088-8376. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/3315>. Date accessed: 24 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i1.3315.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>