PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 20 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang siginfikan model pembelajaran E-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MS-1 yang berjumlah 31 orang Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 57,143 dan standar deviasinya 8,787 dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata 54,464 dengan standar deviasinya 7,046. Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thitung=1,342 dan ttabel=1,999 karena thitung<ttabel, maka ini menyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Diakhir pembelajaran diberikan post tes, diperoleh nilai rata kelas eksperimen 83,564 dengan standar deviasi 8,211 dan nilai rata-rata kelas kontrol 70,387 dengan standar deviasi 7,194. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas diperoleh harga Ltabel= 0,159 dan hasil uji homogenitas diperoleh harga Ftabel= 1,819. Hasil uji t satu pihak diperoleh harga thitung = 6,806 dan ttabel = 1,669 pada taraf signifikan α=0,05 dengan dk=n₁+n₂-2. Karena thitung>ttabel(6,806>1,669), maka hal ini menunujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran E-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar PKn pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia siswa kelas XI.