HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PKn SISWA KELAS X MIA 1 SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN SEMESTER GANJIL T.A 2020/2021
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar PKn Siswa Kelas X MIA 1 SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Semester Ganjil T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, Populasi dalam penilitan ini adalah Seluruh Siswa Kelas X MIA 1 SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Semester Ganjil T.A 2020/2021 berjumlah 39 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang dengan teknik pengambilan menggunakan sampel total. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 28 item untuk perhatian orang tua yang valid 14 item sedangkan untuk motivasi belajar PKn yang valid 14 item, dengan 4 option sebelum angket digunakan diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil Uji korelasi product moment yang diperoleh rtabel= 0,308 .rhitung =1,956 dan rhitung > rtabel (1,956 > 0,308). Hal ini menunjukan ada hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar PKn Siswa Kelas X MIA 1 SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Semester Ganjil T.A 2020/2021. Untuk menguji taraf signifikan kedua variabel tersebut dilakukan dengan uji “t” diperoleh thitung 13,008 ttabel 1,684 th > tt ( 13,008 > 1,684). Maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Perhatian orang tua dengan Motivasi belajar PKn Siswa Kelas X MIA 1 SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Semester Ganjil T.A 2020/2021.