@article{ppkn, author = {Rosma Nababan and Boby Simanjuntak and Kristiani Sinaga}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA SISWA KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 20 MEDAN}, journal = {JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN}, volume = {3}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang siginfikan model pembelajaran E-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MS-1 yang berjumlah 31 orang Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 57,143 dan standar deviasinya 8,787 dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata 54,464 dengan standar deviasinya 7,046. Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thitung=1,342 dan ttabel=1,999 karena thitung<ttabel, maka ini menyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Diakhir pembelajaran diberikan post tes, diperoleh nilai rata kelas eksperimen 83,564 dengan standar deviasi 8,211 dan nilai rata-rata kelas kontrol 70,387 dengan standar deviasi 7,194. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Uji normalitas diperoleh harga Ltabel= 0,159 dan hasil uji homogenitas diperoleh harga Ftabel= 1,819. Hasil uji t satu pihak diperoleh harga thitung = 6,806 dan ttabel = 1,669 pada taraf signifikan α=0,05 dengan dk=n₁+n₂-2. Karena thitung>ttabel(6,806>1,669), maka hal ini menunujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran E-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar PKn pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan HAM di Indonesia siswa kelas XI.}, issn = {2088-8376}, pages = {1--12}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1278} }