RANCANG BANGUN ALAT PENGERING BIJI PINANG MENGGUNAKAN PENGERING TIPE HOHENHEIM DENGAN KOLEKTOR SURYA BERKAPASITAS 5 KG/JAM

  • Rizky Ramadhan Universitas Darma Agung, Medan
  • Deby Syahputra Universitas Darma Agung, Medan
  • Enzo W.B Siahaan Universitas Darma Agung, Medan
  • Hodmiantua Sitanggang Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Proses pengeringan biji pinang pada umumnya masih dilakukan secara manual atau tradisional yaitu dengan cara menjemurnya langsung dibawah terik matahari. Penanganan pengeringan biji pinang dengan cara tersebut sangat berpengaruh pada kualitas biji pinang dan kurang efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lumayan lama. Disamping itu pengeringan tempat terbuka memungkinkan terkena debu dan dihinggapi lalat sehingga kebersihan biji pinang tidak terjamin dengan baik (Hasniah Aliah, 2015). Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, penulis membuat alat berupa “Rancang Bangun Alat Pengering Biji Pinang Menggunakan Alat Pengering Tipe Hohenheim Dengan Kolektor Surya berkapasitas 5 kg/jam” yang akan mempermudah penggunaan dan pengeringan pada biji pinang. Perancangan alat pengering biji pinang menggunakan pengering tipe hohenheim dengan kolektor surya ini dilaksanakan dibengkel las yang terletak dijalan penggalangan, Tebing Tinggi. Perancangan ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022 sampai dengan selesai.

Published
Dec 31, 2022
How to Cite
RAMADHAN, Rizky et al. RANCANG BANGUN ALAT PENGERING BIJI PINANG MENGGUNAKAN PENGERING TIPE HOHENHEIM DENGAN KOLEKTOR SURYA BERKAPASITAS 5 KG/JAM. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 285 - 301, dec. 2022. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/2655>. Date accessed: 01 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)