EVALUASI I PONDASI SUMURAN DAN ABUTMEN PADA JEMBATAN AEK SIMOKMOK SIBORONG-BORONG

  • Elidawaty Elidawaty Universitas Darma Agung
  • Anwar Pidiansah Universitas Darma Agung
  • Masriani Endayanti Universitas Darma Agung
  • Rahelina Ginting Universitas Darma Agung

Abstract

Pondasi yakni struktur bawah yang berfungsi buat meletakkan bangunan di atas tanah dan meneruskan beban ke tanah dasar. Buat itu perlu dilaksanakan penyelidikan kondisi tanah pada posisi yang hendak dibangun. Dalam merancang sesuatu struktur dasar dari konstruksi bangunan bisa digunakan sebagian berbagai jenis pondasi, pemilihan jenis pondasi didasarkan pada fungis, besar beban bangunan atas, keadaaan tanah serta jumlah bayaran yang didetetapkan.. Tipe konstruksi pondasi bersumber pada kedalaman terdapat 2 ialah Pondasi Dangkal( Shallow Foundation) serta Pondasi Dalam( Deep Foundation). Penentuan kedalaman tanah keras dimaksudkan buat memikirkan apakah hendak terbuat pondasi dangkal ( 0 - 8meter) dan  pondasi dalam (8 meter). Bila posisi tanah keras terletak  pada kedalaman   0- 8 m, terdapat 2 opsi yang bisa diambil  ialah diseleksi  pondasi langsung bila letak kedalaman tanah keras  4  meter, ataupun pondasi sumuran bila letak kedalaman tanah keras antara 4- 8. 00 meter. Bila letak tanah keras 8m pondasi yang umum digunakan merupakan pondasi tiang pancang. Pondasi dalam direncanakan pada Jembatan Aek simokmok siborong-borong.


Jenis pondasi yang direncanakan sesuai hasil data sondir yang dikeluarkan dan ditetapkan adalah pondasi sumuran diameter pile 3.5 cm dengan panjang sumuran3.5m.


Tahapan analisa pondasi pada Jembatan Aek simokmokSiborong-borong dimulai dengan menghitung beban-beban yang timbul dari beban atas jembatan, beban vertikal, dan beban horizontal, dan beban pondasi. ketahanan tanah (menggunakan standart penetration test ) evaluasi perhitungan pondasi.

Published
Mar 3, 2024
How to Cite
ELIDAWATY, Elidawaty et al. EVALUASI I PONDASI SUMURAN DAN ABUTMEN PADA JEMBATAN AEK SIMOKMOK SIBORONG-BORONG. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 54 - 66, mar. 2024. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/4190>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v13i1.4190.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>