MANAJEMEN REKAYASA KONSTRUKSI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG IRIAN SUPER MARKET SETIA BUDI MEDAN

  • Yuliarman Waruwu Universitas Darma Agung
  • Ramah hati tafonao Universitas Darma Agung
  • Rahelina ginting Universitas Darma Agung
  • Andreas M. Saragih Universitas Darma Agung

Abstract

Pada proyek pekerjaan gedungIrian Super Market Setia Budi, dilaksanakan pekerjaansktruktur basement 1 dan basement 2. Oleh karena itu dalam penulisan tugas akhir ini, penulis melakukan “Manajemen Rekayasa Konstruksi Pada Gedung Irian Supermarket Setia Budi Medan”Untuk mengetahuimetode pelaksanaan pekerjaan sktruktur basement 1 dan basement 2 pada proyek pembangunan Gedung Irian Super Market Setia Budi.Dengan pekerjaan struktur Basement 1 dan 2 pada item pekerjaan Pile Cap, Plat Lantai 60 cm, Kolom, Balok Lantai, Plat lantai, raitining wall, telah sesuai dengan standar metode pelaksanaan pekerjaan struktur. Dengan menggunakan acuan dan perancah sistem konvensional. Sistem ini terlihat pada Metode pelaksanaan pekerjaan struktur dan deskripsi alat, material, dan mutu beton, sesuai standar di setiap item pekerjaan struktur dilapangan.


Mengetahui estimasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan time schedule pada pekerjaan sktruktur basement 1 dan basement 2  proyek pembangunan Gedung Irian Super Market Setia Budi. Dari Hasil perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pada pekerjaan struktur pembangunan irian supermarket setia budi basement 1 dan 2 adalah Rp 12.761.926.139,- (dua belas milyar tujuh ratus enam puluh satu juta sembilan ratus dua puluh enam ribu seratus tiga puluh sembilan rupiah).

Published
Mar 3, 2024
How to Cite
WARUWU, Yuliarman et al. MANAJEMEN REKAYASA KONSTRUKSI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG IRIAN SUPER MARKET SETIA BUDI MEDAN. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 15 - 20, mar. 2024. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/4178>. Date accessed: 19 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v13i1.4178.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>