ANALISADAYA DUKUNG PONDASI BORE PILE DAN STABILITAS ABUTMENT PADA PERENCANAAN JEMBATAN TITI PAYUNG HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

  • Japrin Paulus Sembiring Universitas Darma Agung
  • Erni Br. Ginting Universitas Darma Agung
  • Rahelina Ginting Universitas Darma Agung
  • Adventus Gultom Universitas Darma Agung

Abstract

Jembatan Titi Payung  berada di Hamparan Perak Kabuaten Deli Serdang. Suatu jembatan harus direncanakan dengan baik agar dapat menahan berbagai beban yang dipikulnya seperti berat sendiri, beban lalu lintas, beban gempa, beban angin dan beban lain yang ada pada jembatan. Konstruksi jembatan adalah suatu  konstruksi  bangunan yang membuat jembatan mampu kokoh berdiri dan dapat dilewati kendaraan di atasnya. Dalam pembangunan jembatan  dibutuhkan pondasi yang kuat agar mampu menahan seluruh beban jembatan ke dasar tanah. Konstruksi jembatan terdiri dari : 1). Bangunan atas :  bagian utama yaitu struktur atas, struktur bagian bawah, jalan pendekat dan bangunan pengaman, 2). Bangunan bawah : terdiri dari struktur utama dan pangkal jembatan (abutment). Dalam tugas akhir ini, pembahasan dititik beratkan pada kajian struktur bawah Jembatan Titi Payung  berada di Hamparan Perak. Berdasarkan hasil perhitungan analisa daya dukung pondasi bore pile pada abutment konstruksi jembatan Titi Payung Hamparan Perak  dapat disimpulkan sebagai berikut : 1).Berdasarkan hasil perhitungan daya dukung pondasi dari data SPT, maka diperoleh daya dukung pondasi pada kedalaman 40 m dengan metode Mayerhoff sebesar Qg =177730,3  kN  >22064,361kN, 2).Perhitungan efisiensi kelompok tiangdengan menggunakan metode Converse-Labarre  adalah : efisiensi kelompok tiang(Eg) = 0,793 yang berarti dengan konfigurasi 24 tiang memberikan 79,3 %  besarnya nilai perhitungan pondasi tiang yang dapat dihitung.

Published
Feb 24, 2023
How to Cite
SEMBIRING, Japrin Paulus et al. ANALISADAYA DUKUNG PONDASI BORE PILE DAN STABILITAS ABUTMENT PADA PERENCANAAN JEMBATAN TITI PAYUNG HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 132 - 138, feb. 2023. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/3626>. Date accessed: 07 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v12i1.3626.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>