ANALISA MANAJEMEN KONSTRUKSI BANGUNAN BAWAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN OVERPASS RUAS KISARAN-INDRAPURA STA 132+023

  • Rahelina Ginting Universitas Darma Agung
  • Citra Eleven Purba Universitas Darma Agung
  • Hery Prima Sinulingga Universitas Darma Agung

Abstract

Kegiatan pengembangan proyek seringkali mengakibatkan keterlambatan pelaksanaan proyek. Beberapa faktornya adalah: Faktor cuaca, pengadaan material yang tidak memenuhi ketepatan waktu pelaksanaan, pengadaan peralatan yang kurang memadai, dan staffing yang kurang optimal. Oleh karena itu, dalam hal ini perlu dipahami ruang lingkup pelaksanaan manajemen konstruksi dan anggaran biaya konstruksi pada saat pelaksanaan proyek.Penelitian ini dilaksanakan pada jembatan Overpass Ruas Kisaran-Indrapura dimulai dengan studi literatur, mengumpulkan data sekunder, kemudian penelitian ini menggunakan metode analisis dan studi kasus. Pekerjaan pembangunan jembatan dimulai dari pelaksanaan persiapan, pekerjaan struktur bawah yang terdiri atas pekerjaan pondasi tiang pancang, galian, abutment,abutment, serta plat injak, setelah itu pembangunan sturktur atas yang terdiri atas pekerjaan girder,diafragma, plat lantai, serta trotoar dan sandaran. Dalam  perhitungan durasi pekerjaan dan rencana anggaran biaya sesuai gambar shop drawing dipakai SNI  dan harga satuan pemerintah kota medan.Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan pelaksanaan pembangunan berlangsung selama 90 Hari dengan anggaran biaya Rp 6.889.085,224

Published
Aug 25, 2023
How to Cite
GINTING, Rahelina; PURBA, Citra Eleven; SINULINGGA, Hery Prima. ANALISA MANAJEMEN KONSTRUKSI BANGUNAN BAWAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN OVERPASS RUAS KISARAN-INDRAPURA STA 132+023. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 291 - 296, aug. 2023. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/3600>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v12i2.3600.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>