ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PEDOFILIASTUDI DI WILAYAH HUKUM POLRES DELI SERDANG

  • Putri Zhafira Universitas Darma Agung
  • Eliaman Zebua Universitas Darma Agung
  • Muhammad Yasid Universitas Darma Agung

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Anak Korban Tindak Pidana Pedofilia Studi Di Wilayah Hukum Polres Deli Serdang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini pertama bagaimana faktor terjadinya tindak pidana pedofilia anak di wilayah hukum Polres Deli Serdang? kedua bagaimana modus operandi pelaku tindak pidana pedofilia anak di wilayah hukum Polres Deli Serdang? dan ketiga bagaimana upaya penanggulangan tindak pidana pedofilia anak di wilayah hukum Polres Deli Serdang?. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yuridis normatif dan yuridis empiris yang menggunakan data primer dan sekunder dan analisis data secara deskriftif kualitatif. Hasil penelitian terlihat bahwa Modus operandi tindak pidana pedofilia terhadap anak di wilayah hukum Polres Deli Serdang yang digunakan oleh pelaku secara umum yaitu melakukan pemaksaan disertai dengan ancaman kekerasan, mengiming-imingi korban akan sesuatu atau hadiah atau janji-janji, kemudian melalui bujuk rayu ataupun tipu muslihat.; Faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana pedofilia terhadap anak di wilayah hukum Polres Deli Serdang antara lain yaitu faktor rendahnya pendidikan dan ekonomi, faktor lingkungan atau tempat tinggal, faktor minuman keras (beralkohol), dan faktor pengaruh teknologi merupakan faktor-faktor penyebab penting dari penyebab tindak pidana pencabulan anak di Kabupaten Deli Serdang.; dan Upaya penanggulangan tindak pidana pedofilia terhadap anak di wilayah hukum Polres Deli Serdang dilakukan dengan tindakan preventif dan tindakan represif oleh para aparat penegak hokum berupa penjatuhan atau penerapan sanksi pidana kepada pelaku tindak pidana pedofilia anak yang dilakukan oleh pihak kepolisian, kejaksaan, pengadilan dan lembaga permasyarakatan. Juga upaya penanggulangan dilakukan oleh pemerintah dalam memberikan penyuluhan hukum dan upaya yang dilakukan oleh masyarakat dengan meningkatkan silaturahmi untuk menutup ruang gerak Pelaku tindak pidana pedofilia.

Published
Sep 24, 2023
How to Cite
ZHAFIRA, Putri; ZEBUA, Eliaman; YASID, Muhammad. ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PEDOFILIASTUDI DI WILAYAH HUKUM POLRES DELI SERDANG. JURNAL RETENTUM, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 284 - 300, sep. 2023. ISSN 2686-5440. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/retentum/article/view/2033>. Date accessed: 14 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/retentum.v5i2.2033.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>