EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN. 26 MEDAN

  • Dwi Wira Marbun Universitas Darma Agung
  • Syukur Kholil Dalimunthe Universitas Darma Agung
  • Aswan Jaya Universitas Darma Agung

Abstract

Covid-19 telah berdampak besar pada sistem pendidikan di Indonesia yang mengakibatkan perubahan pada proses pembelajaran yang awalnya secara tatap muka berubah dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Jika pandemi terus meningkat, maka akan dipastikan dampak pada sektor pendidikan juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam proses belajar mengajar di masa Pandemik Covid-19 di SMPN.26 Medan dan mengetahui hambatan dalam penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui cara observasi dan wawancara dengan informan, serta menggunakan studi kepustakaan atau dokumen yang mendukung penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran secara daring selama masa pandemi covid-19 yang dilakukan oleh guru dan siswa masih kurang efektif walaupun usaha yang dilakukan sekolah melalui pengajaran yang dilakukan guru sudah diupayakan optimal, namun keterbatasan  sarana prasarana yang kurang mendukung, kurangnya kontrol dari sekolah berikut orang tua siswa, mengakibatkan siswa banyak yang tidak dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan efektif.

Published
Feb 28, 2022
How to Cite
MARBUN, Dwi Wira; DALIMUNTHE, Syukur Kholil; JAYA, Aswan. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN. 26 MEDAN. MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 9-22, feb. 2022. ISSN 2746-0215. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/messageilmukomunikasi/article/view/1510>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/messageilmukomunikasi.v11i1.1510.
Section
Articles