UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENCE LEARNING PADA KELAS X IPA SMA SWASTA YAPIM TARUNA SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Dede Parsaoran Damanik Universitas Darma Agung
  • Nani Sri Rezeki Universitas Darma Agung
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung

Abstract

Penggunaan metode ceramah yang terlalu sering tanpa divariasikan dengan metode yang lain oleh guru fisika di kelas X IPA1 SMA Swasta YAPIM TARUNA Sei Rotan telah menyebabkan siswa kurang berperan aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar fisika yamg mengakibatkan rendahnya hasil belajar fisika siswa, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan metode Menggunakan Model Pembelajaran Experience Learning. penggunaan model pembelajaran experience learning merupakan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan sebagai salah satu alternatif pembelajaran inovatif yang dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam berfikir kreatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui ulangan formatif serta pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui Model Pembelajaran Experience Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas X IPA1 SMA Swasta YAPIM TARUNA Sei Rotan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, yaitu pada siklus I dengan jumlah aktivitas dalam kategori tidak aktif 4 aktivitas, pada kategori kurang aktif 2 aktivitas, pada kategori cukup aktif 4 aktivitas, dan pada kategori aktif 6 aktivitas, meningkat pada siklus II kategori kurang aktif 3 aktivitas, kategori cukup aktif  1 aktivitas, dan kategori  aktif 12 aktivitas. Pada siklus III kategori kurang aktif tidak ada, kategori cukup aktif 2 aktivitas, kategori aktif 9 aktivitas dan kategori sangat aktif 5  aktivitas. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu 5,13 pada siklus I menjadi 6,52 pada siklus II dan meningkat menjadi 7,18 pada siklus III. Siswa yang memperoleh nilai  6,5 sebanyak 33 orang. Ini berarti keberhasilan klasikal mencapai 86,84% sedangkan siswa yang belum berhasil sebesar 13,16%. Angka keberhasilan ini menunjukkan bahwa tindakan yang dilakukan dapat dikatakan berhasil Model Pembelajaran Experience Learning di kelas X IPA1 SMA Swasta YAPIM TARUNA Sei Rotan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa.

Published
Dec 31, 2024
How to Cite
DAMANIK, Dede Parsaoran; REZEKI, Nani Sri; SUSANTO, Irwan. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENCE LEARNING PADA KELAS X IPA SMA SWASTA YAPIM TARUNA SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 6, p. 552 - 571, dec. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/5194>. Date accessed: 22 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i6.5194.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>