PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI KELAS XI SMK NEGERI 2 ALASA

  • Krisdayanti Loi Universitas Darma Agung
  • Atariaman Zega Universitas Darma Agung
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan model Advance Organizer berbantuan Proyek Terhadap Hasil Belajar Fisika Di Kelas Xi Semester Ganjil SMK Negeri 2 Alasa  T.A. 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Penerapan model Pembelajaran berbantuan Proyek  terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok kesetimbangan benda tegar  di kelas XI  SMK Negeri 2 Alasa  T.A. 2021/2022. Sebelum melakukan proses pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Dari hasil pretes diperoleh


 


nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 47.50 dengan standar deviasi 11.04 sedangkan nilai rata-rata pretes  kelas kontrol yaitu 45.28 dengan standar deviasi 10.43. Setelah dilakukan uji hipotesis  thitung <  ttabel yaitu 0.57 < 2,05, artinya bahwa kemampuan awal kedua sampel adalah sama. Kemudian peneliti melakukan proses pembelajaran yaitu pada kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model Advance Organizer berbantuan Proyek, pada kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran Langsung.Setelah diberikan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 82.50 dengan standar deviasi 9.63sedangkan nilai rata-rata postes untuk kelas kontrol yaitu 81.39 dengan standar deviasi 8,67. Dari rata-rata nilai postes terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat. Setelah dilakukan uji hipotesis  thitung  >  ttabel yaitu 0.18 > 0.16 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Advance Organizer berbantuan Proyek. Hal ini juga didukung dengan hasil penelitian terdahulu, yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dari model Advance Organizer berbantuan Proyek terhadap hasil belajar siswa.

Published
Aug 31, 2022
How to Cite
LOI, Krisdayanti; ZEGA, Atariaman; SUSANTO, Irwan. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI KELAS XI SMK NEGERI 2 ALASA. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 20-26, aug. 2022. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/2104>. Date accessed: 08 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>