IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning/PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn, khususnya pada materi Persamaan Kedudukan Warga Negara. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di SMP Swasta Eka Prasetya Medan, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest untuk menilai hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki peningkatan signifikan dalam hasil belajar dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 41,9 dan meningkat menjadi 80,3 pada posttest. Sebaliknya, kelas kontrol meningkat dari 40,1 menjadi 64,7. Penerapan PBL terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Persamaan Kedudukan Warga Negara dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PKn.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).