PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN

  • Hersakso Sinurat Universitas HKBPNommensen
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Dewi Lestari Pardede STIKes Senior Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepribadian Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan. Penelitian ini menggunakan satu jenis penelitian yaitu metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara memberikan angka dari data yang telah diperoleh dari hasil penelitian berdasarkan ukuran ketetapan yang ada. Sebelum soal angket diujikan terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kristen kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan yang berjumlah 2  kelas. Dimana sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII-A dan VIII-B sebanyak 38 orang siswa. Dimana sampel yang dipilih sesuai dengan roster yang telah disesuaikan sehingga kelas yang diberikan angket dilaksanakan pada hari yang bersamaan. Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 2,6875 > ttabel 1,688. Ternyata diperoleh thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Kepribadian Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan

Published
Feb 28, 2024
How to Cite
SINURAT, Hersakso; PARDEDE, Lukman; PARDEDE, Dewi Lestari. PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 213-219, feb. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4168>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4168.
Section
Artikel