GAMBARAN PERMAINAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN CARA MENYIKAT GIGI PADA SISWA/I KELAS IV SD NEGERI 105332 SEI BLUMEI KECAMATAN TANJUNG MORAWA
Abstract
Perilaku masyarakat terhadap kesehatan gigi dapat diukur melalui kebiasaan menjalankan rutinitas menyikat gigi. Tindakan menyikat gigi memegang peran yang sangat vital dalam mencegah pertumbuhan bakteri yang berpotensi merusak kesehatan gigi. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman mengenai kebiasaan menyikat gigi adalah melalui penyampaian informasi edukatif menggunakan media kartu kuartet. Media kartu kuartet merupakan media cetak yang berfokus pada unsur visual, yang menggabungkan teks dan gambar sebagai sarana untuk menyampaikan materi edukasi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode survei, bertujuan untuk mengevaluasi dampak permainan media kartu kuartet terhadap pengetahuan siswa/i kelas IV di SD Negeri 105332 Sei Blumei Kecamatan Tanjung Morawa. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 47 individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum bermain kartu kuartet, 13 siswa/i (27,7%) memiliki pengetahuan yang baik, 20 siswa/i (42,5%) memiliki pengetahuan yang sedang, dan 14 siswa/i (29,8%) memiliki pengetahuan yang buruk. Setelah bermain kartu kuartet, 25 siswa/i (53,2%) memiliki pengetahuan yang baik, 18 siswa/i (38,3%) memiliki pengetahuan yang sedang, dan 4 siswa/i (8,5%) memiliki pengetahuan yang buruk. Simpulan dari penelitian menunjukkan bahwa permainan media kartu kuartet dapat meningkatkan pengetahuan siswa/i dalam hal teknik menyikat gigi. Kami berharap agar pihak sekolah dapat bekerjasama dengan puskesmas dalam melaksanakan UKGS guna meningkatkan kesehatan gigi dengan memanfaatkan permainan media kartu kuartet.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).