PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Study Di Kelurahan Sei Putih Timur II Kecamatan Medan Petisah)

  • Soetarto Soetarto Universitas Darma Agung
  • Doli Tua Mulia Raja Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Yosefan Elgisma Tambunan Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kelurahan Sei Putih Timur II Kecamatan Medan Petisah. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian lokal dan dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Informan penelitian ini terdiri dari pelaku UMKM, kelurahan, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UMKM memiliki dampak yang positif terhadap kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Sei Putih Timur II Kecamatan Medan Petisah. Bahwa keberadaan UMKM dapat membuka peluang pekerjaan bagi penduduk setempat, mengurangi tingkat pengganguran, dan membangun masyarakat lebih produktif, berdaya saing dan mandiri. Namun, hasil penelitian ini juga terdapat faktor penghambat UMKM meliputi keterbatasan akses modal, jaringan usaha, dan persaingan yang ketat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi tentang peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam meningkatkan kesejahteraan di Kelurahan Sei Putih Timur II Kecamatan Medan Petisah.

Published
Feb 22, 2024
How to Cite
SOETARTO, Soetarto; PANJAITAN, Doli Tua Mulia Raja; TAMBUNAN, Yosefan Elgisma. PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Study Di Kelurahan Sei Putih Timur II Kecamatan Medan Petisah). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 67-76, feb. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4135>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4135.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>