KINERJA PEMERINTAH DESA UNTUK MENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK TANI DI DESA GUI GUI KECAMATAN MAZO KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Soetarto Soetarto Universitas Darma Agung
  • Julius Laia Universitas Darma Agung
  • Yulius Yanuari Zebua Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana Kinerja Pemerintah Meningkatkan Kesejahteraan Kelompok Tani Melalui Gabungan Kelompok Di Desa Gui Gui Kecamatan Mazo Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kesejahteraan merupakan suatu keadaan atau suatu sistem yang terorganisasi yang bertujuan untuk membantu memenuhi standar standar kehidupan dengan mengembangkan dan memaksimalkan segenap kemampuan sehingga kebutuhan dapat terpenuhi. Dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan Eksistensi dan peran Gapoktan Desa Gui Gui Kecamatan Mazo Kabupaten Nias Selatan dalam meningkatkankesejahteraan petani yakni dengan melakukan menyediakan input usahatani seperti pupuk, bibit, obat-obatantanaman. Kinerja Pemerintah Desadalam pembinaan Gabungan Kelompok Tani dapatdilihat dari segi pihak-pihak yang ikut berkecimpung terlibat dalampelaksanaan program Gapoktan adalah Kepala Desa, Perangkat Desa GuiGui,pengurus Gapoktan, dan BPP. Faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan Gapoktan DesaGuiGui. Adapun faktor pendukungnya yakni adanya partisipasi anggotaGapoktan dalam mengikuti kegiatan penyuluhan. Sedangkan untuk faktorpenghambatnya yakni rendahnya sumber daya manusia, kurangnya modaldalam berusaha tani.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
SOETARTO, Soetarto; LAIA, Julius; ZEBUA, Yulius Yanuari. KINERJA PEMERINTAH DESA UNTUK MENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK TANI DI DESA GUI GUI KECAMATAN MAZO KABUPATEN NIAS SELATAN. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 55-65, apr. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1522>. Date accessed: 02 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)