IN TOKOPEDIA APPLICATIONS, THE EFFECT OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH AND DIGITAL PAYMENT ON BUYING INTENTION

  • Angga Kurniawan Universitas PGRI, Jogyakarta
  • Muhammad Yusuf STIA, Bandung
  • Billy B.R. Manueke Universitas Nusantara, Manado
  • Norvadewi Norvadewi UIN Sultan Aji Mahmud Idris, Samarinda
  • Arrifia Nurriqli STIE Pancasetia, Kota Banjarbaru

Abstract

Dengan kemajuan teknologi dan informasi masa depan, banyak sektor perusahaan menggunakan teknologi dan media sebagai alat dalam melakukan kegiatan pemasaran. Evolusi periklanan telah menjadi tren saat ini untuk kinerja komersial jangka panjang. Namun, masalah muncul ketika perusahaan menempatkan platform jejaring sosial yang salah, yang berdampak negatif pada perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari electronic word of mouth dan kemudahan pembayaran (digital payment) terhadap perilaku pembelian pada bisnis Tokopedia Tokopedia di Bogor. Dalam penelitian ini, 150 orang dipilih secara acak untuk menggunakan aplikasi belanja online smartphone. Strategi analisis regresi linier berganda dengan software SPSS versi 26 digunakan dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa berita elektronik dari mulut ke mulut dan pembayaran digital memiliki dampak positif pada niat beli dan dapat dinilai sangat baik.

Published
Nov 12, 2022
How to Cite
KURNIAWAN, Angga et al. IN TOKOPEDIA APPLICATIONS, THE EFFECT OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH AND DIGITAL PAYMENT ON BUYING INTENTION. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 272 - 286, nov. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2256>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2256.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)