PENGARUH PERATAAN LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Nazlah Rachma Panggabean Universitas Darma Agung
  • Yuliana Halawa Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan dari penenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perataan laba, ukuran perusahaan  terhadap reaksi pasar pada  Reaksi Pasar pada perusahaan  kosmetik yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini di Uji secara Parsial dan Simultan, periode dalam penelitian ini dari tahun 2016-2020. Dalam penelitian ini populasinya terdadap 6 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel  memakai metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak  5  perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokementasi.  Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat  analisis,  analisis regresi linier  berganda, uji normalitas, uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial antara perataan laba berpengaruh terhadap reaksi pasar secara signifikan sebesar 3,267 > 2,055, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap reaksi pasar dengan nilai signifikan 101 > 2,055, Perataan Laba dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama (simultan) tidak  memberikan pengaruh terhadap Reaksi Pasar dengan nilai  signifikasi 36,388 > 2,98 atau 0,000 < 0,05.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
PANGGABEAN, Nazlah Rachma; HALAWA, Yuliana. PENGARUH PERATAAN LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 254-263, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1657>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1657.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)