PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP SPIRITUALITAS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA SWASTA KRISTEN BNKP GUNUNGSITOLI T.A. 2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana peran Pendidikan Agama Kristen terhadap spiritualitas peserta didik melalui pembelajaran agama Kristen di sekolah SMA Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli T.A. 2024. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Menjelaskan bahwa metode kualitatif menuju pada prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, yakni apa yang dilakukan secara fundamental dan dituturkan informasi, baik lisan maupun tulisan. Pendekatan kualitatif adalah cara kerja penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari hasil suatu penelitian. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua macam yakni data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan secara langsung dari hasil informasi dengan menggunakan teknik wawancara (interview guide) dan pengamatan (observasi), sedangkan data sekunder diperoleh dari perkajian bahan pusta berupa buku-buku. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Teknik observasi, dukumentasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli yang di bagi dengan dua kelas XI IIS dan kelas XI IPA dengan berjumlah 52 peserta didik, dan sampel dalam penelitian ini kelas XI IPA dengan Jumlah 27 peserta didik. Hasil penelitian terkait dengan judul sikripsi yang diangkat oleh penulis atau peneliti tentang peran Pendidikan Agama Kristen terhadap spiritualitas peserta didik, peneliti menyatakan ada peran Pendidikan Agama Kristen terhadap spiritualitas peserta didik tersebut. Peran Pendidikan Agama Kristen terhadap spiritualitas peserta didik melalui pembelajaran agama Kristen dilakukan dengan cara pelaksanaan penanaman nilai-nilai kerohanian dan pembentukan karakter, dilaksanakan dengan membuat kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan pengkodisian. Kerohanian dan Spiritualitas peserta didik sangat baik, dan peserta didik rutin untuk melakukan kegiatan kerohanian seperti berdoa, bernyanyi membaca Alkitab dan beribadah bersama setiap akhir bulan. faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan peran Pendidikan agama Kristen terhadap spiritualitas peserta didik yakni Faktor Eksternal dan faktor internal.