PEMBINAAN REMAJA MILENIAL KAMPUNG HARAPAN MEDAN AMPLAS DALAM PEMANFAATAN LIMBAH KANTONG PLASTIK MENJADI LAYANGAN YANG KREATIF

  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Andre Agachi Purba Universitas Darma Agung
  • Yulson Avan Dachi Universitas Darma Agung
  • Syukurman Laia Universitas Darma Agung
  • Yudita Puspita Halawa Universitas Darma Agung
  • Pasrahhati Ndruru Universitas Darma Agung

Abstract

Kampung Harapan adalah Kampung yang terletak di kecamatan Medan amplas yang memiliki penduduk sekitar 200 KK (kartu keluarga). Masyarakat sekitar seringkali membuang sampah di pinggir danau maupun di depan pabrik yang tidak ditempati lagi. Ini adalah masalah bagi masyarakat karena limbah sampah mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan mengganggu aktivitas masyarakat untuk berjalan kaki maupun yang memiliki kendaraan. Lingkungan Kampung Harapan Kecamatan Medan Amplas menjadi tidak sehat dan kotor. Solusi dalam Penelitian adalah mengajak para Remaja Kampung Harapan Kecamatan Medan Amplas dalam pemanfaatan limbah kantong plastik menjadi layangan ubur-ubur dan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan lingkungan yang kotor menjadi lebih bersih dan tempat pembuangan limbah sampah diubah menjadi tempat tumbuhan yang bermanfaat yaitu tumbuhan ubi rambat. di sisi lain Remaja Milenial menjadi sumber daya manusia untuk membimbing anak-anak dalam pemanfaatan limbah kantong plastik menjadi layangan ubur-ubur.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
PANJAITAN, Jelita et al. PEMBINAAN REMAJA MILENIAL KAMPUNG HARAPAN MEDAN AMPLAS DALAM PEMANFAATAN LIMBAH KANTONG PLASTIK MENJADI LAYANGAN YANG KREATIF. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 9-19, apr. 2022. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/1615>. Date accessed: 16 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v3i1.1615.