PEMANFAATAN HAND PHONE UNTUK MENDUKUNG PROSES BELAJAR DARI RUMAH BAGI ANAK DIDIK SD DI BALAI DESA HUTA RAKYAT KECAMATA SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI

  • Sanhedrin Ginting Universitas Darma Agung
  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Selamat Karo-karo Universitas Darma Agung
  • Pardamean H. Malau Universitas Darma Agung
  • Erni Mariani Universitas Darma Agung

Abstract

Kemajuan Teknologi bisa berdampak positif dan negatif, memudahkan kita dalam segala hal termasuk termasuk dalam anak didik.  Pemanfaatan hand phone pada anak didik Sekolah  Dasar (SD) dapat berikan perkembangan yang amat intensip dalam perihal menaikkan pengetahuan, peserta didik dapat browsing dengan cepat serta mencari sumber materi ketika proses pembelajaran. Pengabdian  ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi Covid-19, Perihal ini jadi perihal berarti dalam menghadapi situasi saat ini terutama dalam pendidikan. Akses jaringan internet jadi sangat penting untuk melancarkan proses pendidikan. Pemerintah sudah memberikan bantuan subsidi kuota kepada seluruh elemen pendidikan. Peserta didik pada umumnya hanya menerima tugas dari guru dalam bentuk tulisan dan mengerjakannya sendiri di rumah. Melihat permasalahan ini tim pengabdian masyarakat dari FKIP Universitas Darma Agung tergerak untuk membantu peserta didik melalui pelatihan dan pembimbingan pengenalan media platform digital sederhana.  Ada banyak program ataupun aplikasi yang dapat diakses serta dipakai platform yang dapat diakses serta digunakan sebagai alat pembelajaran buat mendukung terselenggaranya pembelajaran daring semacam whatsapp, google meet, zoom, google classroom, telegram, ataupun website yang terbuat spesial buat pembimbingan. Pembdariimbingan membutuhkan perlengkapan cagak ataupun perangkat- perangkat mobile semacam ponsel pintar ataupun telepon android, pc, laptop, serta tablet.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
GINTING, Sanhedrin et al. PEMANFAATAN HAND PHONE UNTUK MENDUKUNG PROSES BELAJAR DARI RUMAH BAGI ANAK DIDIK SD DI BALAI DESA HUTA RAKYAT KECAMATA SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 36-42, apr. 2022. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/1619>. Date accessed: 16 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v3i1.1619.