PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CAMTASIA STUDIO 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA RIAMA MEDAN

  • Fransiskus Gultom Universitas Darma Agung
  • Hernawaty Hernawaty

Abstract

Tujuan dari pada tulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Camtasia Studio 8 terhadap hasil belajar siswa. Tulisan ini menggunakan metode eksperimen, desain eksperimen yang digunakan adalah non equivalen control group design yang merupakan bentuk metode penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen adalah penelitian dengan menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio 8, dan kelompok kontrol tanpa menggunakan media pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Riama Medan sebanyak 93 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 61 orang, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan dengan menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio 8 terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Swasta Riama Medan, dimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio 8 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar tanpa menggunakan media pembelajaran. Hasil nilai yang diperoleh dengan menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio 8 sebesar 87.73, sedangkan hasil nilai yang diperoleh tanpa menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio 8 sebesar 58.80. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Camtasia Studio 8 di kelas VII SMP Swasta Riama Medan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
Apr 30, 2020
How to Cite
GULTOM, Fransiskus; HERNAWATY, Hernawaty. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CAMTASIA STUDIO 8 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA RIAMA MEDAN. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 48-58, apr. 2020. ISSN 2686-5459. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/418>. Date accessed: 21 july 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>