PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ANORGANIK DAN URINE KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus)

  • Fransiskus Gultom Universitas Darma Agung
  • Hernawaty Hernawaty Universitas Darma Agung, Medan
  • Perdianta Sinukaban Universitas Darma Agung, Medan
  • Selamat Karo-karo Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk Calcium Amonium Nitrate terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus); 2.           Untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk urine kambing terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus); dan 3. Untuk mengetahui pengaruh interaksi pemberian pupuk Calcium Amonium Nitrate dan pupuk urine kambing terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus). Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x4 dengan 3 ulangan dengan total kombinasi perlakuan sebanyak 12 perlakuan. Faktor yang diteliti adalah pengaruh pemberian pupuk calcium amonium nitrate dan urine kambing terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun (Cucumis sativus).  Faktor dosis pupuk Calcium Amonium Nitrate (C) terdiri atas 3 taraf, yaitu: C1 = 100g per plot, C2 = 150g per plot, dan C3 = 200g per plot, sedangkan Faktor dosis urine kambing (U) terdiri atas 4 taraf, yaitu: U0 =  0ml per plot, U1 = 100ml per plot, U2 = 200ml per plot, dan U3 = 300ml per plot. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan antara lain: 1) Pemberian pupuk Calcium Amonium Nitrate terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata, 2. Pemberian urine kambing terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata, dan 3. Tidak ada pengaruh interaksi dengan pemberian pupuk Calcium Amonium Nitrate dan urine kambing terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman mentimun.

Published
Aug 6, 2022
How to Cite
GULTOM, Fransiskus et al. PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ANORGANIK DAN URINE KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 295-308, aug. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1675>. Date accessed: 21 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1675.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>