SOSIALISASI BAHAYA PENYALAGUNAAN NARKOBA DAN STRATEGI PENANGGULANGANNYA BAGI PEMUDA DAN REMAJA DI GEREJA METHODIST INDONESIA, JEMAAT MARANATHA SECURAI, RESORT SECURAI, DISTRIK I WILAYAH I PANGKALAN BRANDAN

  • Fransiskus Gultom Universitas Darma Agung
  • Selamat Karo-karo Universitas Darma Agung
  • Hernawaty` Hernawaty Universitas Darma Agung
  • Marioga Pardede Universitas Darma Agung
  • Yona Gulo Universitas Darma Agung

Abstract

Pengabdian ini membahas mengenai upaya penyalagunaan narkoba dan strategi penanggulangan peredaran pada pemuda dan remaja di Gereja Methodist Indonesia, Jemaat Maranatha Securai, Resort Securai, Distrik I Wilayah I Pangkalan Brandan. Maraknya penyalagunaan narkoba merupakan suatu pertarungan berfokus yang harus segera ditangani oleh pemerintah dan semua masyarakat. Penyalagunaan penggunaan narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, Karena hampir semua lapisan masyarakat, baik itu anak-anak, pemuda/remaja maupun orang dewasa. Khusus dikalangan pemuda dan remaja, penyalagunaan narkoba tentu sangat memprihatikan. Hal ini dikarenakan mereka merupakan generasi penerus bangsa. Oleh karena itu perlu adanya partisipasi semua pihak untuk terus mensosialisasikan tentang dampak bahaya pengunaan narkoba baik dari sisi agama, kesehatan maupun hukum. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pemuda dan remaja yang ada di Gereja Methodist Indonesia, Jemaat Maranatha Securai, Resort Securai, Distrik I Wilayah I Pangkalan Brandan tentang bahaya penyalagunaan narkoba tidak hanya dari perspektif hukum, melainkan juga melalui upaya Pre- Emtif yaitu dengan penanaman nilai moral pada diri remaja, upaya Preventif yaitu pencegahan dengan melakukan pengawasan dan bimbingan secara komunikatif yang dilakukan oleh orang tua, guru sekolah minggu, masyarakat, serta upaya Represif yaitu berupa tindakan hukum. Sosialisasi dilakukan dengan metode seminar (pemaparan materi), ceramah, diskusi dan tanya jawab. Peserta kegiatan adalah pemuda dan remaja berjumlah 117 orang dari Gereja Methodist Indonesia, Jemaat Maranatha Securai, Resort Securai, Distrik I Wilayah I Pangkalan Brandan. Dari kegiatan ini diharapkan terdapat kesadaran pada kelompok pemuda dan remaja akan bahaya narkoba yang menjadi masalah global saat ini sehingga kewaspadaan terhadap pengaruh dari narkoba.

Published
Mar 27, 2023
How to Cite
GULTOM, Fransiskus et al. SOSIALISASI BAHAYA PENYALAGUNAAN NARKOBA DAN STRATEGI PENANGGULANGANNYA BAGI PEMUDA DAN REMAJA DI GEREJA METHODIST INDONESIA, JEMAAT MARANATHA SECURAI, RESORT SECURAI, DISTRIK I WILAYAH I PANGKALAN BRANDAN. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 109 - 120, mar. 2023. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/3006>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v3i3.3006.