@article{jurnalreligi, author = {Irwan Susanto}, title = { PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM PADA SISWA KELAS X SMA GKPI PADANG BULAN MEDAN SEMESTER I T.P. 2018/2019}, journal = {JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS}, volume = {1}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasilbelajar dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM kelas X SMAGKPI Padang Bulan Medan semester I T.P.2018/2019. Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas untuk mengetahui ada tidaknyapeningkatan motivasi dan hasil belajar pada subjek yaitu siswa. Populasidari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA GKPI Padang BulanMedan. orang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaranPAKEM adalah siswa kelas X-MIA 1 yang terdiri dari 30 siswa. Danpenelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus untukmendapatkan peningkatan hasil belajar yang baik. Instrument dalam soalini berjumlah 19 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 option (a, b, cdan d) yang telah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan dayabeda. Hasil penelitian diperoleh dengan hasil Uji Hipotesis menggunakannilai Gain, peningkatan hasil belajar dari pretes ke postes siklus I adalah G=0,42 dan masih dikategorikan dengan sedang, selanjutnya peningkatan hasilbelajar siklus I ke siklus II adalah G= 0,71 dan motivasi belajar siklus I kesiklus II adalah G= 0,70 dikategorikan tinggi . Ini menunjukkan adanyapeningkatan motivasi danhasil belajar yang tinggi, serta adanya ketuntasanhasil belajar yang tercapai saat proses belajar dengan menerapkan modelpembelajaran PAKEM pada materi pokok besaran dan pengukuran kelas XSMA GKPI Padang Bulan Medan semester I T.P 2018/2019.}, issn = {2686-5459}, pages = {32--36}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/172} }