MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK KELAS V

  • Mauliddina Utami Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Profesi Pendidikan Guru, Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara, Indonesia
  • Bambang Nur Alamsyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Profesi Pendidikan Guru, Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara, Indonesia
  • Rahmat Mushlihuddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Profesi Pendidikan Guru, Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara, Indonesia
  • Rahayu Nur Syahri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Profesi Pendidikan Guru, Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan Pancasila melalui model talking stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada subjek siswa kelas VC SD Negeri 067240 Medan Tembung yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini terdiri dari II siklus, dengan tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus nilai rata-rata, persentase ketuntasan belajar dan data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan model talking stick, perolehan nilai rata-rata siswa adalah 60,62 dengan 19% siswa tuntas. Setelah menerapkan model talking stick, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 69,37 dengan 44% siswa tuntas dan setelah pelaksanaan siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 76,25 dengan 75% siswa tuntas. Sebagaimana hasil data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Pancasila di kelas VC SD Negeri 067240 Medan Tembung.

Published
Dec 28, 2024
How to Cite
UTAMI, Mauliddina et al. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK KELAS V. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5202>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5202.
Section
Articles