PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KELAS V

  • Putri Amanda Pohan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Profesi Pendidikan Guru, Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara, Indonesia
  • Bambang Nur Alamsyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Profesi Pendidikan Guru, Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara, Indonesia
  • Rahmat Mushlihuddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Profesi Pendidikan Guru, Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara, Indonesia
  • Darmawati Darmawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Profesi Pendidikan Guru, Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar materi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Bilangan Bulat dan Bilangan Desimal tahun ajaran 2024/2025 di kelas VA SDN 067240 Medan Tembung. Menurut flowchart Suharsimi Arikunto, penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Ada dua siklus, dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan 26 siswa kelas VA SDN 067240 Medan Tembung, 12 perempuan dan 14 laki-laki, sebagai subjek. Data penelitian ini akan dikumpulkan dengan bantuan lembar tes. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Perkembangan pembelajaran siswa pada siklus I dan II menunjukkan kemajuan. Tingkat ketuntasan pree test sebesar 31% dengan skor rata-rata 59. Sementara itu, tingkat ketuntasan kegiatan pada siklus I 42% tuntas dan 58% tidak tuntas dengan skor 65. Pada siklus II terjadi peningkatan tingkat pemenuhan 85% dengan nilai rata-rata 76. Berdasarkan data dari setiap siklus perbaikan yang diawali dengan tes sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Make a Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VA SDN 067240 Medan Tembung.

Published
Dec 28, 2024
How to Cite
POHAN, Putri Amanda et al. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KELAS V. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5200>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5200.
Section
Articles