PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM

  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA GKPI Padang Bulan Medan. orang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM adalah siswa kelas X-MIA 1 yang terdiri dari 30 siswa. Dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus untuk mendapatkan peningkatan hasil belajar yang baik. Instrument dalam soal ini berjumlah 19 butir soal berbentuk pilihan ganda  dengan 4 option (a, b, c dan d) yang telah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian diperoleh dengan hasil Uji Hipotesis menggunakan nilai Gain, peningkatan hasil belajar dari pretes ke postes siklus I adalah G= 0,42 dan masih dikategorikan dengan sedang, selanjutnya peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II  adalah G= 0,71 dan motivasi belajar siklus I ke siklus II adalah G= 0,70 dikategorikan tinggi . Ini menunjukkan adanya peningkatan  motivasi danhasil belajar yang tinggi, serta adanya ketuntasan hasil belajar yang tercapai saat proses belajar dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM pada materi pokok besaran dan pengukuran kelas X SMA GKPI Padang Bulan Medan semester I T.P 2018/2019.

Published
Apr 30, 2020
How to Cite
PANJAITAN, Jelita. PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 8-17, apr. 2020. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/448>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3