PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA GKPI Padang Bulan Medan. orang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM adalah siswa kelas X-MIA 1 yang terdiri dari 30 siswa. Dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus untuk mendapatkan peningkatan hasil belajar yang baik. Instrument dalam soal ini berjumlah 19 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 option (a, b, c dan d) yang telah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian diperoleh dengan hasil Uji Hipotesis menggunakan nilai Gain, peningkatan hasil belajar dari pretes ke postes siklus I adalah G= 0,42 dan masih dikategorikan dengan sedang, selanjutnya peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II adalah G= 0,71 dan motivasi belajar siklus I ke siklus II adalah G= 0,70 dikategorikan tinggi . Ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi danhasil belajar yang tinggi, serta adanya ketuntasan hasil belajar yang tercapai saat proses belajar dengan menerapkan model pembelajaran PAKEM pada materi pokok besaran dan pengukuran kelas X SMA GKPI Padang Bulan Medan semester I T.P 2018/2019.