PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS SISWA KELAS X MIPA SEMESTER GENAP SMA MULIA PRATAMA MEDAN T.P 2022/2023

  • Keristiani Hulu Universitas Darma Agung
  • Soiman Zagoto Universitas Darma Agung
  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Alim Perangin-angin Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Canva pada fisika mengenal konsekuensi dalam situasi materi momentum dan dorongan untuk kecanggihan X MIPA SMA Mulia Pratama Medan T.P 2022/2023. penelitian jenis studi Eksperimen kuasi. Populasinya adalah Kelas X MIPA semester 1 SMA Mulia Pratama Medan T.P 2022/2023. Pola penelitian diambil dari general sampling, yang terdiri dari pelatihan, yaitu kelas eksperimen 30 murid melaksanakan pembelajaran versi STAD berbantuan Canva, dan kelas kontrol 30 murid melaksanakan model Direct education (DI). Catatan penelitian diperoleh dengan menggunakan alat berupa tes esai yang meliputi 10 soal yang telah diuji terlebih dahulu untuk melihat validitas soal, reliabilitas, tahapan soal dan daya pembeda.Berdasarkan hasil studi untuk kelas eksperimen,  menerima pretest rata-rata 50,50 dengan deviasi trendi 9,45 dan rata-rata peringkat pasca-uji 85,07 dengan deviasi yang diinginkan 6,06. Untuk kemegahan manipulasi, nilai rata-rata pretest menjadi 49,57 dengan standar deviasi 9,18 dan rata-rata nilai posttest menjadi 79,89 dengan deviasi populer 5,48. kedua pelatihan telah dinyatakan umum dicairkan (didapatkan L0 Fhitung uji statistik (uji t dua pihak) untuk α = 0,05 dan dk 58 diperoleh thitung < ttabel, terutama 0,418 < 2,002, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal pada kedua kelas adalah sama.Kemudian kedua kelas tersebut diberikan perlakuan yang berbeda dan pada akhir pembelajaran diberikan post-test.Dari hasil uji statistik data (uji t satu sisi) diperoleh thitung > ttabel, terutama 6,143 > 1,671, hasil akhir ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang luas dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Canva pada pembelajaran fisika dalam memperoleh pengetahuan tentang efek dalam masalah menghitung jumlah momentum dan impuls siswa kelas X MIPA semester I SMA Mulia Pratama Medan T.P 2022 /2023.

Published
Feb 7, 2024
How to Cite
HULU, Keristiani et al. PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS SISWA KELAS X MIPA SEMESTER GENAP SMA MULIA PRATAMA MEDAN T.P 2022/2023. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1 – 9, feb. 2024. ISSN 2655-738X. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/4173>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v7i1.4173.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>