PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN INSHOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIPA SMA SWASTA GAJAH MADA MANDIRI MEDAN

  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Alvin Zonatan Sagala Universitas Quality
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung
  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung

Abstract

Pendidikan memiliki peran sentral dalam mengubah sikap dan perilaku individu atau kelompok melalui proses pengajaran dan pelatihan. Namun, pembelajaran fisika seringkali menghadapi tantangan karena kurangnya daya tarik dalam penyampaian materi serta keterlibatan siswa yang minim. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam fisika, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah kualitas pembelajaran yang rendah dan minimnya partisipasi siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan model pembelajaran inkuiri yang didukung oleh aplikasi InShot terhadap hasil belajar siswa dalam materi usaha dan energi di kelas X MIPA semester genap SMA Swasta Gajah Mada Mandiri Medan pada tahun pelajaran 2023/2024. Dengan menggunakan aplikasi InShot, peneliti dapat menciptakan materi pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa, sehingga meningkatkan minat mereka terhadap pembelajaran fisika.Metode penelitian ini mengadopsi desain quasi-eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas X MIPA semester genap SMA Swasta Gajah Mada Mandiri Medan yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil menggunakan metode cluster random sampling, di mana kelas X MIPA1 (kelas eksperimen) terdiri dari 32 siswa yang menerima pembelajaran dengan model inkuiri berbantuan InShot, sedangkan kelas X MIPA2 (kelas kontrol) terdiri dari 32 siswa yang menerima pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esai sebanyak 10 soal yang telah melewati proses validasi. Analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol setelah menerapkan metode pembelajaran. Analisis dilakukan dengan menghitung rata-rata nilai untuk setiap variabel dan menguji normalitas serta homogenitas data. Uji hipotesis menggunakan uji paired t-test menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran inkuiri yang didukung oleh aplikasi InShot terhadap hasil belajar siswa dalam materi usaha dan energi di kelas X MIPA semester genap SMA Swasta Gajah Mada Mandiri Medan pada tahun pelajaran 2023/2024.

Published
Jun 28, 2024
How to Cite
PANJAITAN, Jelita et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN INSHOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X MIPA SMA SWASTA GAJAH MADA MANDIRI MEDAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 398 - 406, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4462>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4462.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>