ANALISISkPENGARUH BUDAYAkORGANISASI, DISIPLIN KERJAoDAN SEMANGATyKERJA TERHADAPkKINERJA KARYAWANdPADA HOTELjDANAU TOBA INTERNASIONALkMEDAN

  • Yenni Agustiani Zega Universitas Darma Agung
  • Geni Laia Universitas Darma Agung
  • RB Napitupulu Universitas Darma Agung
  • Jonner Lumban Gaol Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuanlpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Budaya Organisasi, Disiplin kerja dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Karyawan padaghotel danau toba internasional Medan. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabellindependen yaitu budaya organisasi , disiplin kerja, semangat kerja dan 1 variabelmdependen yaitu kinerja karyawan. Dapat diihat bahwa  budaya organisasi, disiplin  kerja dan semangat  kerja adanya penurunan kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana Instrumengpada penelitian ini yaitu kuesioner dengan skala liker. jumlah sampel sama dengan populasi yaitu 50 karyawan. Jenis model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, kemudian untuk menguji penelitian dalam regresi berganda menggunakan StatisticalbProduct and Service Solution (SPSS) versi 24  for windows dengan menggunakan uji F (Anova) dan uji T (parsial). Hasil penelitian yang telah dilakukan dan di analisis  perbandinganxnilai Fhitung dengancnilai Ftabel. Nilai Fhitung > Ftabel, dimana F tabel dengan Taraf Signifikansi (α) = 5% diketahui bahwa Ftabel dengan df1 = k = 3 dan df2 = n-k-1 = 50-3-1 = 46, maka Ftabel (df1)(df2) = 3,19. Maka, dengan demikian Fhitung =  49,277 sedangkan Ftabel = 3,19, maka Fhitung > Ftabel. Artinya dapat dilihat juga bahwa adanya pengaruhlbudaya organisasi,gdisiplin kerja dancsemangat kerjaxsecara simultankterhadap kinerjabkaryawan  pada HotelkDanau TobamInternasional Medan pada tahun 2022. Disarankan hendaknya agar Pimpinan, semua karyawan HotelkDanau Toba Internasional Medan dapat lebih meningkatkan lagi Budaya Organisasi dalam bekerja, disiplin kerja,bdan Semangat kerjabyang layak diterima agar terjaganya kinerja karyawan  oleh setiap karyawan dengan menghasilkan output yang maksimal demi tercapainya tujuan perusahaan.

Published
May 17, 2023
How to Cite
ZEGA, Yenni Agustiani et al. ANALISISkPENGARUH BUDAYAkORGANISASI, DISIPLIN KERJAoDAN SEMANGATyKERJA TERHADAPkKINERJA KARYAWANdPADA HOTELjDANAU TOBA INTERNASIONALkMEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 113 - 118, may 2023. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/3224>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v12i1.3224.
Section
Articles