ANALISA PERANAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KERJA DALAM RANGKA PENINGKATAN PRODUKTIVITASKERJA KARYAWAN PADA PT.BIMA GOLDEN POWERINDO MEDAN

  • Tressia Gultom Universitas Darma Agung, Medan
  • Saut Pangidoan Mauliate Simamora Universitas Darma Agung, Medan
  • Chainar Elly Ria Tobing Universitas Darma Agung, Medan
  • Novia Ruth Silaen Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Pendidikan dan pelatihan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini mengkaji tentang analisa produktivitas kerja karyawan melalui pendidikan dan pelatihan karyawan pada PT Bima Golden Powerindo Medan. Batasan masalah pada penelitian ini: “Pendidikan, pelatihan kerja dan peningkatan produktivitas kerja” dengan rumusan masalah: apakah peranan pendidikan dan pelatihan kerja sudah teranalisa secara optimal terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Bima Golden Powerindo Medan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan sumber data yakni data primer (informan). Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT Bima Golden Powerindo Medan berjumlah 63 orang. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive berdasarkan kapasitas yang memberikan kemudahan dan kesediaan dalam wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah peranan pendidikan dan pelatihan kerja teranalisa secara optimal terhadap produktivitas kerja karyawan. Saran penelitian ini adalah: pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kerja karyawan hendaknya diselenggarakan sesering mungkin dan dipantau oleh pimpinan serta diberikan kompensasi untuk karyawan yang produktivitasnya meningkat setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan kerja.

Published
May 16, 2023
How to Cite
GULTOM, Tressia et al. ANALISA PERANAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KERJA DALAM RANGKA PENINGKATAN PRODUKTIVITASKERJA KARYAWAN PADA PT.BIMA GOLDEN POWERINDO MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 50 - 57, may 2023. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/3198>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v12i1.3198.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)