PERANAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA DINAS PENCEGAH DAN PEMADAM KEBAKARAN KOTA MEDAN

  • Fandi Winata Sitio Universitas Darma Agung
  • Tito Santana Hutapea Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Dinas Pencegah dan Pemadam kebakaran Kota Medan. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan  metode deskriptif dan deduktif, Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang telah diberikan oleh petugas pemadam kebakaran telah berjalan dengan baik dimana dalam melaksanakan pelayanan publik berdasarkan dimensi pelayanan yaitu sikap petugas, prosedur, waktu fasilitas dan pelayanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi indeks kepuasan masyarakat pada seksi Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan yaitu Sumber Daya Manusia yaitu kemampuan petugas pemadam kebakaran dalam melaksakan tugas sangat baik, ini dikarenakan para petugas telah mengikuti pelatihan tentang pencegahan dan pemadam kebakaran dan Sarana Prasarana.  Dan penulis menyarankan supaya instansi terus mengembangkan kualitas pelayanan publik terhadap masyarakat kota Medan dan untuk peneliti selanjutnya sebaiknya ditambahkan faktor-faktor lainnya yang dapat mengembangkan peranan kualitas pelayanan bagi masyarakat.

Published
Jun 30, 2021
How to Cite
SITIO, Fandi Winata; HUTAPEA, Tito Santana. PERANAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA DINAS PENCEGAH DAN PEMADAM KEBAKARAN KOTA MEDAN. JURNAL GLOBAL MANAJEMEN, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 163-175, june 2021. ISSN 2715-6001. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/global/article/view/1786>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/global.v10i1.1786.
Section
Articles