HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI DASAR DENGAN KEPATUHAN PEMBERIAN IMUNISASI PADA BAYI DI POLY ANAK RSIA STELLA MARIS MEDAN

  • Poniyah Simanullang Universitas Darma Agung
  • Zulkarnain Nasution Universitas Darma Agung
  • Lestriana Siregar Universitas Darma Agung

Abstract

Indonesia masuk 10 besar negara yang memiliki angka tertinggi pada kasus anak tidak diimunisasi. Angka kematian balita akibat penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi juga masih tinggi. Jenis imunisasi dasar yaitu imunisasi BCG, DPT, Polio, Hepatitis dan campak. Imunisasi dasar harus diberikan kepada bayi mulai usia 0 bulan hingga 9 bulan. Pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar diperlukan agar ibu patuh memberi bayinya diimunisasi tepat waktu. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kepatuhan pemberian imunisasi pada bayi di poly anak RSIA Stella Maris Medan. Jenis penelitian ini analitik, dilakukan bulan Maret sd Juni 2020. Populasi adalah ibu yang memiliki bayi usia 12 bulan berjumlah 30 orang. Sampel adalah ibu yang memiliki bayi usia 12 bulan, besar sampel 30 orang dengan teknik accidental sampling. Disimpulkan pengetahuan ibu kurang, ibu patuh memberi imunisasi dan tidak ada hubungan pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kepatuhan pemberian imunisasi pada balita dengan uji chi-squre nilai p-value = 0,228 (p > 0,05). Kepada ibu agar meningkatkan pengetahuan tentang imunisasi dasar melalui informasi yang diberikan petugas kesehatan, melalui media massa dan media sosial. Rumah Sakit agar meningkatkan pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar melalui penyuluhan kesehatan khususnya tentang dampak imunisasi bagi kesehatan balita.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
SIMANULLANG, Poniyah; NASUTION, Zulkarnain; SIREGAR, Lestriana. HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI DASAR DENGAN KEPATUHAN PEMBERIAN IMUNISASI PADA BAYI DI POLY ANAK RSIA STELLA MARIS MEDAN. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 37-45, apr. 2022. ISSN 2656-7350. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/1503>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>