PENGARUH DAYA TARIK WISATA, FASILITAS DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA PANTAI BALI LESTARI

  • Sariana Hollandita Prima Putri Daulay Universitas Darma Agung
  • Emrizal Emrizal Universitas Darma Agung
  • Bahagia Tondang Universitas Darma Agung

Abstract

Keputusan berkunjung ke objek wisata dipengaruhi oleh daya tarik objek wisata, fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman dan kemudahan ksesibilitas menuju objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata, fasilitas dan aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan metode kuantitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Januari - Juni 2021. Populasi merupakan pengunjung yang datang ke objek wisata. Sampel berjumlah 100. Pengambilan sampel secara accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dengan regresi linear berganda. Hasil analisis adalah daya tarik wisata berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, sedangkan fasilitas dan aksesibilitas tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan dariĀ  penelitian yang telah dilakukan, untuk mempengaruhi wisatawan memutuskan berkunjung, maka diperlukan adanya perubahan-perubahan terhadap daya tarik wisata, fasilitas dan aksesibilitas. Apabila hal ini ilakukan maka dapat meningkatkan jumlah pengunjung.
Published
Apr 30, 2022
How to Cite
DAULAY, Sariana Hollandita Prima Putri; EMRIZAL, Emrizal; TONDANG, Bahagia. PENGARUH DAYA TARIK WISATA, FASILITAS DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA PANTAI BALI LESTARI. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 21-31, apr. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1529>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles