PENGARUH DAYA TARIK WISATA, FASILITAS DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA PANTAI BALI LESTARI

  • Sariana Hollandita Prima Putri Daulay Universitas Darma Agung

Abstract

Keputusan berkunjung ke suatu objek wisata dipengaruhi oleh daya tarik objek wisata, fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman dan kemudahan aksesibilitas menuju objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tarik wisata, fasilitas dan aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Objek Wisata Pantai Bali Lestari Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai dari Januari - Juni 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang berkunjung ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari. Sampel berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa daya tarik wisata berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, sedangkan fasilitas dan aksesibilitas tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, untuk mempengaruhi wisatawan memutuskan berkunjung ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari, maka diperlukan adanya perubahan-perubahan terhadap daya tarik wisata, fasilitas dan aksesibilitas. Apabila hal ini dilakukan maka dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata Pantai Bali Lestari.
Published
Oct 31, 2022
How to Cite
DAULAY, Sariana Hollandita Prima Putri. PENGARUH DAYA TARIK WISATA, FASILITAS DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA PANTAI BALI LESTARI. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 1 - 19, oct. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/2287>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles