RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis gueineensis Jacq) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK UREA DAN FREKUENSI PENYIRAMAN AIR PADA PRE-NURSERY

  • Bilter A. Sirait Universitas Darma Agung
  • Agnes I Manurung Universitas Darma Agung
  • Dio Prima Dito Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk melihat respon pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis gueineensis Jacq) terhadappemberian pupuk urea dan frekuensi penyiraman air pada pre-nursery, dilaksanakan pada bulan April – Juli 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Ada dua faktor yang diteliti, yaitu pupuk urea dan frekuensi penyiraman air. Faktor pertama adalah pupuk urea dan faktor kedua adalah Frekuensi penyiraman air. Parameter yang diamati adalah Tinggi Tanaman, Diameter Batang, Jumlah Daun, Panjang Daun, Lebar Daun dan Luas Daun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan pupuk urea berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun dan luas daun, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap diameter batang dan jumlah daun tanaman kelapa sawit hingga umur 12 MST. Semakin tinggi konsentrasi pupuk urea yang diberikan hingga 3 cc/1 air maka pertumbuhan bibit tanaman kelapa sawit juga semakin tinggi. Perlakuan Frekuensi penyiraman air berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun dan luas daun, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap diameter batang dan jumlah daun tanaman kelapa sawit hingga umur 12 MST. Frekuensi penyiraman air yang baik secara berurutan adalah penyiraman 1 kali 1 hari; penyiraman1 kali 2 hari; penyiraman 1 kali 3 hari. Interaksi perlakuan pupuk urea dan frekuensi penyiramanberpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang daun, lebar daun dan luas daun tanaman bibit kelapa sawit hingga umur 12 MST.

Published
Sep 30, 2023
How to Cite
SIRAIT, Bilter A.; MANURUNG, Agnes I; PURBA, Dio Prima Dito. RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis gueineensis Jacq) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK UREA DAN FREKUENSI PENYIRAMAN AIR PADA PRE-NURSERY. JURNAL AGROTEKDA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 112 - 121, sep. 2023. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agrotekda/article/view/3878>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/agrotekda.v7i1.3878.
Section
Articles