ANALISIS PENERAPAN APLIKASI PAK TANI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK HORTIKULTURA DI KOTA MEDAN

  • Muhammad Nur Fauzi Imansyah Universitas Darma Agung, Medan
  • Lisnidar Lature Universitas Darma Agung, Medan
  • Nelly M. R. Sinaga Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penerapan aplikasi pak tani digital yang dilaksanakan oleh pedagang dalam memasarkan produk hotrikultura, (2) tingkat kepuasan konsumen setelah menggunakan aplikasi pak tani digital, dan (3) strategi bisnis yang dilakukan pemilik dalam mengembangkan aplikasi pak tani digital di Kota Medan. Penelitian dilaksanakan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara pada bulan September- Desember 2022. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji t satu sampel (one t-Test sample), dan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi pak tani digital mudah dilaksanakan oleh pedagang, Hasil analisis pada Uji validitas diperoleh nilai rhitung > rtabel membuktikan bahwa 6 item valid dan 2 item tidak valid, uji reliabilitas mendapatkan nilai Croanbach’s alpha 0,626 dan dinyatakan reliabel, pada uji t satu sampel (One t-Test sample) menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel dengan nilai 42,140 > 2,093. Strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi pak tani digital adalah Rapid Growth.                  

Published
Feb 28, 2023
How to Cite
IMANSYAH, Muhammad Nur Fauzi; LATURE, Lisnidar; SINAGA, Nelly M. R.. ANALISIS PENERAPAN APLIKASI PAK TANI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK HORTIKULTURA DI KOTA MEDAN. JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 53 - 71, feb. 2023. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/2981>. Date accessed: 21 may 2024.
Section
Articles