ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN GULA MERAH DARI SADAPAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI DESA PEGAJAHAN, KECAMATAN PEGAJAHAN, KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

  • Sri Rezeky Sinambela Universitas Darma Agung, Medan
  • Deddy R. D. Saragih Universitas Darma Agung, Medan
  • Nelly M. R. Sinaga Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian dibuat untuk mengetahui: (1) Proses pengolahan nira kelapa sawit menjadi gula merah (2) nilai tambah proses pengolahan nira kelapa sawit menjadi gula merah (3) pendapatan yang di peroleh dari pengolahan nira kelapa sawit menjadi gula merah (4) usaha pengolahan gula merah dari nira kelapa s awit layak untuk dikembangkan di daerah penelitian. Penelitian dilaksanakan di Desa Pegajahan, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai dilaksanakan pada bulan Maret-Agustus 2022. Jenis data yang di gunakan adalah data Primer dan Sekunder. Jumlah sempel ada dua dimana pada sampel satu sebanyak 6 orang yang terdiri dari satu orang pemilik usaha, satu orang pengumpul nira,  dua orang sebagai pengolah nira, satu orang sebagai pencetak nira, satu orang sebagai pengemas dan satu orang sebagai pengumpul kayu bakar sedangkan sampel ke dua ada 2 karyawan terdiri dari satu orang pengumpul nira dan satu orang pengumpul kayu bakar. Analisis data menggunakan analisis nilai tambah dengan metode hayami. Hasil dari penelitian adalah proses pengolah nira kelapa sawit  menjadi gula merah tergolong tradisional. Nilai tambah yang dihasilkan dalam pengolahan nira kelapa sawit menjadi gula merah pada sampel satu senilai 97,43% dan sampel dua sebesar 96,79%.      

Published
Feb 28, 2023
How to Cite
SINAMBELA, Sri Rezeky; SARAGIH, Deddy R. D.; SINAGA, Nelly M. R.. ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN GULA MERAH DARI SADAPAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI DESA PEGAJAHAN, KECAMATAN PEGAJAHAN, KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. JURNAL AGRIBIZDA (Journal of Agribizda), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 20 - 37, feb. 2023. ISSN 2715-2413. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agribizda/article/view/2979>. Date accessed: 22 june 2024.
Section
Articles